Saturday, July 27, 2013

Mengapa Saya Peduli dengan Apa yang Terjadi di Mesir?


Mengapa saya peduli dengan apa yang terjadi di Mesir? Sebab saya adalah bagian dari "Global Citizen", warga dari kampung bernama dunia. Salah? Tidak, kan?


Mengapa saya peduli dengan apa yang terjadi di Mesir? Sebab jika mengingat masa-masa DOM dulu di Aceh (sebagai contoh) misalnya, di mana minim sekali media meliputnya di TV dan saluran lainnya, kami di sini akan sangat senang jika dunia membuka mata lewat cara lain; misalnya dengan sastra, atau dunia maya. Maka, jika kini ada hal yang terjadi di luar negeri sana, saya cuma mengulang apa yang dunia lakukan pada saya saat itu. Kali ini sama-sama oleh militer, kan?



Mengapa saya peduli dengan apa yang terjadi di Mesir? Sebab latar belakang saya sebagai (calon) paramedis tidak habis pikir mengapa ada orang yang bisa sembarangan menembaki batok kepala orang, menembaki jamaah yang sedang beribadah, dll. Ah, di IGD saja saya sudah banyak mengutuk mereka yang ngebut tanpa helm, apalagi ini militer yang membunuh saudara sebangsanya yang jelas tak seimbang persenjataannya!

Mengapa saya peduli dengan apa yang terjadi di Mesir? Sebab dari dulu di sana sudah hidup banyak fir'aun. Beberapa bahkan mengaku Tuhan. Dulu Nabi Musa hanya ditemani oleh Nabi Harun, bersama segelintir pengikut. Jadi kalau hari ini ada lagi yang congkak menggeser pemimpin Mesir yang jelas-jelas terpilih secara demokratis oleh tangan-tangan penduduknya sendiri yang memberikan voting, saya (dan seisi dunia yang masih waras) tak akan meninggalkan presiden yang sah itu sendirian pula! Jika pun tak bisa membersamai di jalan-jalan sana, meski cuma bisa bersuara lantang saja pun akan kami jalani!

Ah, sungguh, ingin sekali rasanya menuliskan nama dan detil kontak yang bisa dihubungi di tangan dan bergabung bersama mereka di sana; memudahkan tim Forensik dan DVI (Disaster Victim Identification) yang bekerja di sana pasca para demonstran dinyatakan tak lagi bernyawa..


‪#‎StopMassacreinEgypt‬ ‪#‎Egypt‬ ‪#‎ProDemocracy‬ ‪#‎Mesir‬‪#‎IndonesiaWithMorsi‬ ‪#‎Morsi‬ #AntiCoup

1 comment: